Hore! Janda dan Duda di Bandung Bakal Dapat Uang Bulanan

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 18 Januari 2022 - 17:05:00 WIB
Hore! Janda dan Duda di Bandung Bakal Dapat Uang Bulanan
Para janda dan duda di Bandung bisa terima manfaat jaminan uang tunai yang dibayarkan setiap bulan. (Foto/Ilustrasi/Dok)

"Masa iuran yang digunakan dalam menghitung manfaat adalah 15 tahun dengan ketentuan memenuhi minimal 1 tahun kepesertaan dan density rate 80 persen atau meninggal dunia pada saat memperoleh manfaat pensiun hari tua (MPHT)," ujar Erni.

Selain MJPD, tutur Kepala BP Jamsostek Kancab Bandung Suci, program JP juga mencakup manfaat pensiun anak (MPA), manfaat pensiun orang tua (MPOT), manfaat pensiun hari tua (MPHT) dan manfaat pensiun cacat (MPC). 

Semua manfaat tersebut dibayarkan setiap bulannya terhitung sejak peserta berhenti bekerja (baik karena pensiun atau mengalami kecacatan). "Jika peserta wafat, istri atau suaminya akan merasakan manfaat JP dan jika pasangannya pun wafat maka manfaatnya akan dirasakan hingga anaknya yang kedua berusia 23 tahun, sudah bekerja, atau sudah menikah," tuturnya. 

Menurut Erni, iuran JP ini dibayarkan secara bersama oleh pekerja dan perusahannya masing-masing sebesar 1 persen dan 2 persen tiap bulannya yang dipotong dari total upah peserta. Namun, program JP ini hanya berlaku bagi peserta penerima upah (PU). Adapun pekerja mandiri dapat mendaftar pada program Jaminan Hari Tua (JHT) yang secara garis besar memiliki manfaat yang sama.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: