Waduh, 590 Pasutri di Kota Sukabumi Jadi Janda dan Duda Tahun Ini

Dharmawan Hadi ยท Rabu, 10 November 2021 - 15:37:00 WIB
Waduh, 590 Pasutri di Kota Sukabumi Jadi Janda dan Duda Tahun Ini
Angka perceraian di Kota Sukabumi terbilang tinggi di tahun ini. (Foto: Ilustrasi)

SUKABUMI, iNews.id - Sebanyak 590 pasangan suami istri di Kota Sukabumi menjadi janda dan duda sepanjang 2021. Jumlah sebanyak itu berdasarkan 590 perkara perceraian yang diputus Pengadilan Agama (PA) Kota Sukabumi.

Panitera Muda Hukum PA Kota Sukabumi, Tuti Irianti menjelaskan, dari jumlah total pengaduan rinciannya 146 cerai talak dan 564 cerai gugat. "Jika melihat dari data yang ada saat ini, cerai gugat masih mendominasi kasus penceraian di Kota Sukabumi," ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/11/2021). 

Pada umumnya, perceraian terjadi akibat perselisihan atau pertengkaran yang tidak henti dan faktor ekonomi. Sebelum PA Kota Sukabumi mengabulkan gugatan cerai dalam persidangan, terlebih dahulu dilakukan proses mediasi antara penggugat dan tergugat. 

Hal ini, selain untuk menyatukan kembali, juga mengonfirmasi alasan yang menjadi penyebab masuknya gugatan. "Kami sudah mengupayakan semua kasus agar bisa diselesaikan dengan damai, tetapi ada beberapa kasus yang tetap bersikeras untuk pisah," ujar Tuti kembali.

Menurutnya, bagi pasangan yang tetap bersikeras cerai dan ingin menjalani sidang, maka mereka harus mengupayakan berbagai bukti yang kuat. Semisal, istri menggugat suami karena selingkuh. Dengan demikian, istri harus menyertakan bukti.

"Alasan-alasan yang tertulis dalam gugatan, harus bisa dibuktikan," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: