Kisah Haru Ibu Korban Gempa Mamuju Melahirkan Bayi di Tenda Pengungsian

Arif Budianto ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 11:22:00 WIB
Kisah Haru Ibu Korban Gempa Mamuju Melahirkan Bayi di Tenda Pengungsian
Tim medis Marinir TNI AL menunjukkan bayi mungil yang lahir dari ibu korban gempa Mamuju. Foto: istimewa

MAMUJU, iNews.id -  Kisah dramatis dialami seorang ibu korban gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat yang melahirkan di tenda pengungsian. Perempuan bernama Nurdah (33) itu berjibaku melahirkan bayi dengan peralatan seadanya di tenda medis. 

Seperti diunggah akun Instagram Korp Marinir TNI AL, Nurdah melahirkan bayi mungil berjenis kelamin perempuan pada Sabtu (23/1/2021). Bayi lahir dengan selamat sekitar pukul 20.00 WITA setelah melalui proses persalinan.

Proses persalinan ini bukan tanpa perjuangan. Keterbatasan akses menuju rumah sakit membuat proses persalinan terpaksa dilakukan di Posko gabungan Dukes TNI di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Persalinan penuh perjuangan dibantu oleh tim medis dari Marinir TNI AL dan tenaga medis setempat. Mereka adalah Letda Laut ( K) dr Andre Prasetyo Mahesya, dr Doni Purba, dr Wulan, dan Bidan di Mamasa. Mereka membantu upaya sebisanya, agar ibu dan bayi selamat.

Letda Laut (K) dr Andre menuturkan, kejadian tersebut bermula saat Nurdah merasakan sakit yang luar biasa akibat merasakan kontraksi tanda-tanda akan melahirkan sekitar pukul 19.00 WITA.

Namun saat itu kondisi rumah sakit dan tempat bersalin masih lumpuh akibat gempa bumi. Kemudian diputuskan persalinan berlangsung di tenda. 

Setelah melalui perjuangan melelahkan satu jam lamanya, Nurdah melahirkan sang bayi melalui persalinan normal.  Kondisi bayi pasangan Nurdah dan Udin itu sehat.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2