Diduga Kelaparan, Monyet Ekor Panjang Serbu Permukiman Warga di Curug Pelangi Cisarua KBB

Yuwono Wahyu ยท Selasa, 27 September 2022 - 07:37:00 WIB
Diduga Kelaparan, Monyet Ekor Panjang Serbu Permukiman Warga di Curug Pelangi Cisarua KBB
Monyet ekor panjang menyerbu permukiman warga di sekitar objek wisata Curug Cimahi. (FOTO: iNews/YUWONO WAHYU)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Gerombolan monyet ekor panjang menyerbu permukiman warga di sekitar objek wisata Curug Cimahi atau Pelangi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Perhutani Bandung menduga kera-kera liar itu kelaparan karena sumber makanan di habitatnya berkurang.

Sementara, populasi monyet ekor panjang di kawasan hutan Cisarua bertambah. Perilaku monyet ekor panjang yang rutin setiap tahun turun gunung, keluar dari hutan, menyerbu permukiman penduduk ini perlu menjadi perhatian bersama. 

Keberadaan puluhan monyet ekor panjang yang menyerbu permukiman membuat resah warga. Mereka khawatir monyet-monyet tersebut menyerang manusia, terutama anak-anak. Saat ini saja, walaupun belum menyerang manusia, monyet-monyet itu telah merusak atap rumah dan kerap masuk ke dapur, menjarah makanan.

Yopi Nugraha, petugas Perhutani sekaligus pengelola Curug Cimahi atau Pelangi mengatakan, fenomena puluhan kera ekor panjang menyerbu permukiman pendudukan rutin terjadi setiap tahun. "Mereka diduga kelaparan karena sumber makanan di hutan berkurang. Sementara, populasi monyet terus bertambah," kata Yopi Nugraha.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: