Cetak dan Edarkan Uang Palsu di Cimahi-KBB untuk Beli Sabu, 2 Pemuda Bandung Ditangkap

Yuwono Wahyu · Senin, 26 September 2022 - 17:49:00 WIB
Cetak dan Edarkan Uang Palsu di Cimahi-KBB untuk Beli Sabu, 2 Pemuda Bandung Ditangkap
FC dan RM, dua pemuda asal Kota Bandung yang ditangkap karena membuat dan mengedarkan uang palsu di Kota Cimahi dan KBB. Hasil dari mengedarkan uang palsu digunakan untuk membeli sabu. (FOTO: iNews/YUWONO WAHYU)

CIMAHI, iNews.id - FC (24) dan MR (25), ditangkap polisi gegara nekat mencetak dan mengedarkan uang palsu di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akibat perbuatannya, FC dan MR terancam hukuman 15 tahun penjara.

"Kami telah mengamankan dua pelaku, FC dan MR, terkait memalsukan, menyimpan, dan mengedarkan uang rupiah palsu," kata Wakapolres Cimahi Kompol Niko N Adiputra didampingi Kasatreskrim AKP Rizka Fadhila saat konfrensi pers di Mako Polres Cimahi, Senin (26/9/2022).

Modus operandi kejahatan itu, ujar Kompol Niko N Adiputra, FC dan MR, pemuda pengangguran asal Kota Bandung tersebut, bertransaksi di sejumlah toko kelontong dan warung kecil dengan uang palsu pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. "Uang yang mereka palsukan juga merupakan jenis baru yang belum banyak beredar," ujar Kompol Niko N Adiputra.

Uang palsu tersebut, tutur Wakapolres Cimahi, dibuat dan dicetak oleh kedua tersangka menggunakan peralatan rumahan, mulai dari kertas roti, kertas nasi, printer, cap, dan catokan agar uang palsu tampak mengkilap seperti asli.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: