Dedi Mulyadi Nangis saat Melepas Sapi-Sapi di Kandang untuk Kurban

Agus Warsudi · Senin, 11 Juli 2022 - 07:57:00 WIB
Dedi Mulyadi Nangis saat Melepas Sapi-Sapi di Kandang untuk Kurban
Kang Dedi menangis, meratapi sapi kesayangan yang akan dikurbankan. (FOTO: ISTIMEWA)

SUBANG, iNews.id - Dedi Mulyadi menangis saat menengok sapi-sapi di kandang untuk yang terakhir kali, Sabtu (9/7/2022). Sebab mulai hari itu, sapi-sapi yang dipelihara dan dirawat dengan sepenuh itu tersebut akan didistribusikan untuk kurban ke berbagai daerah untuk dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kang Dedi menuju kandang di belakang rumahnya Lembur Pakuan, Kabupaten Subang, untuk melihat suasana terakhir sebelum nantinya sapi-sapi tersebut dikurbankan. Bagi Kang Dedi sapi-sapi tersebut keluarga. Hewan ternak tersebut telah memberikan banyak manfaat.

“Ini hobi saya mengurus sapi. Bukan hanya dagingnya yang jadi harapan, tetapi kotorannya juga dibikin pupuk organik untuk sawah sekitar sini. Nanti daun padinya untuk makan sapi lagi. Ini yang disebut dengan ekosistem ekonomi,” ujar Kang Dedi.

Dia pun mencurahkan perasaannya yang tak menentu karena sapi-sapi tersebut telah dikurbankan. “Ada kesedihan saya terakhir kali bertemu sapi-sapi ini . Mereka harus pergi meninggalkan kandang menuju tempat-tempat orang melaksanakan ibadah kurban. Sedih juga karena kalau sesuatu pakai hati pasti ada ikatan batin, ikatan moral yang dibangun dengan mereka,” tuturnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: