Dana Penanganan Pascalongsor Cimanggung Sumedang Capai Rp158 Miliar

Agung Bakti Sarasa · Kamis, 04 Februari 2021 - 18:56:00 WIB
Dana Penanganan Pascalongsor Cimanggung Sumedang Capai Rp158 Miliar
Bencana tanah longsor di Dusun Bojong Kondang, Cihanjuang, Cimanggung. (Foto: Basarnas Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Bencana tanah longsor di Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1/2021) lalu, meninggalkan pekerjaan rumah cukup besar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menyebut, dibutuhkan dana hingga Rp158 miliar untuk penanganan pascabencana.

Diketahui, selain mengakibatkan 40 nyawa melayang, bencana alam tersebut menyebabkan puluhan rumah dan infrastruktur hancur.

Berdasarkan perhitungan BPBD Jabar, dana Rp158 miliar itu dibutuhkan untuk relokasi rumah warga, perbaikan infrastruktur, pemulihan ekonomi dan sosial.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, bencana tanah longsor tersebut mengakibatkan 26 unit rumah rusak berat, 3 unit rumah rusak sedang, 103 unit rumah terancam rusak, dan 1 masjid rusak sedang.

"Kondisi saat ini, warga masih banyak yang mengungsi. Ada yang mandiri di keluarganya, ada juga yang menempati pengungsian yang kami siapkan," kata Dani, Kamis (4/2/2021).

Menurut Dani, para pengungsi kini tersebar di tiga titik, yakni lapangan burung milik perumahan Satria Bumintara Gemilang (SBG) sebanyak 137 kepala keluarga (KK) atau 513 jiwa, SD Fatimah Az Zahra 41 KK atau 148 jiwa, dan rumah warga Bojongkondang, SDB Cipareung 136 KK atau 465 jiwa.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: