Pemprov Jabar Segera Relokasi Warga Terdampak Longsor Cimanggung Sumedang

Agung Bakti Sarasa · Kamis, 21 Januari 2021 - 10:40:00 WIB
Pemprov Jabar Segera Relokasi Warga Terdampak Longsor Cimanggung Sumedang
Bencana tanah longsor rawan terjadi di Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Karena itu, pemerintah segera merelokasi warga ke tempat aman. (Foto: Basarnas Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang tengah mengupayakan relokasi warga terdampak bencana tanah longsor di Desa Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Lahan relokasi akan disiapkan oleh pemerintah daerah, sedangkan rumah baru untuk warga dibangun oleh Kementerian PUPR.

"Pencarian (korban longsor) di Sumedang sudah tuntas. Semua korban ditemukan. Sekarang, persiapan relokasi," kata Ridwan Kamil di sela kunjungan kerja di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, warga di sekitar lokasi bencana Cimanggung harus segera direlokasi karena kawasan tersebut rawan bencana tanah longsor. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) siap membangun permukiman baru.

"Penyiapan lahan urusan pemerintah kabupaten (Pemkab Sumedang) dan provinsi (Pemprov Jabar), bangunanannya PUPR dan BNPB. Mudah-mudahan semua (warga) bisa beralih dan tenang, sehingga tidak dihantui rasa waswas karena tinggal di daerah rawan," ujar Kang Emil.

Diketahui, bencana tanah longsor menerjang Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu (9/1/2021) lalu. Bencana ini terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan ini selama beberapa jam.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: