Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Objek Wisata Pulomas Indramayu

Tim iNews.id ยท Rabu, 07 September 2022 - 07:59:00 WIB
Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Objek Wisata Pulomas Indramayu
Cahaya keemasan memancar dari Pulomas, Kecamatan Cantigi, Indramayu. Konon pulau itu menjadi kerajaan jin yang dipimpin oleh Raja Werdinata. (FOTO: ILUSTRASI/ISTIMEWA)

Setelah beristirahat sejenak, Raden Wiralodra dan Ki Tinggi mulai bekerja membabat hutan untuk dijadikan permukiman penduduk. Namun ternyata, di hulu Sungai Cimanuk berdiri kerajaan mistis yang membawahi 12 kerajaan mistis lain yang lebih kecil. 

Penguasa kerajaan mistik tersebut berjuluk Budipaksa. Sementara kerajaan mistik lain yang lebih kecil di antaranya Kerajaan Tanjungbong dengan Raja Kalacungkring dan Pulomas dengan Raja Raden Werdinata.

Pada bulan ketiga, para mahluk halus yang tinggal di kawasan itu mulai melakukan gangguan. Para jin murka karena tempat tinggal mereka dihancurkan oleh Raden Wiralodra. Namun Raden Wiralodra dan Ki Tinggil bisa mengatasi gangguan para mahluk halus tersebut. 

Karena tidak berhasil mengusir Raden Wiralodra, para jin melapor kepada raja mereka, Budipaksa.
Mendengar laporan warganya, Maharaja Budipaksa didampingi Mahapatih Bujarawis segera mendatangi Raden Wiralodra dan Ki Tinggil untuk meminta mereka menghentikan pekerjaan. 

Namun Raden Wiralodra menolak yang menyebabkan pertarungan. Raden Wiralodra dan Budipaksa dengan mengerahkan kesaktian masing-masing. Sesudah sekian lama bertarung, Maharaja Budipaksa dan Mahapatih Bujarawis tak dapat menandingi kesaktian Raden Wiralodra dan Ki Tinggil.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: