Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Objek Wisata Pulomas Indramayu

Tim iNews.id ยท Rabu, 07 September 2022 - 07:59:00 WIB
Cerita Rakyat Jawa Barat, Asal Usul Objek Wisata Pulomas Indramayu
Cahaya keemasan memancar dari Pulomas, Kecamatan Cantigi, Indramayu. Konon pulau itu menjadi kerajaan jin yang dipimpin oleh Raja Werdinata. (FOTO: ILUSTRASI/ISTIMEWA)

DAHULU kala, Kabupaten Indramayu masih hutan belantara. Selain dihuni berbagai macam hewan buas, hutan belantara itu juga menjadi kediaman para jin. 

Hingga suatu masa, Raden Wiralodra datang dan berniat membuka hutan untuk dijadikan desa atau perdukuhan. Raden Wiralodra merupakan ksatria dari Desa Banyu Urip, sebuah desa di Purworejo, Jawa Tengah saat ini. 

Dia datang bersama Ki Tinggil, pembantu setia dan sakti mandraguna, ke lembah Sungai Cimanuk. Karena tidak tahu jalan, Raden Wiralodra dan Ki Tinggil justru tersesat di sebuah hutan. Di sini mereka bertemu dengan Ki Sadum, orang yang mengasingkan diri dari keramaian dunia. 

Karena tidak tahu jalan menuju ke lembah sungai Cimanuk, Ki Sidum meminta keduanya untuk tinggal beristirahat satu malam. Ki Sidum juga menawarkan kepada Raden Wiralodra seekor Kijang Kencana yang akan menjadi penunjuk jalan.

Keesokan harinya, Raden Wiralodra dan Ki Tinggil melanjutkan perjalanan dengan mengikuti Kijang Kencana. Sesudah melewati banyak sekali rintangan, Raden Wiralodra tiba di lembah Sungai Cimanuk. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: