Belum Dapat Bantuan, Pemdes Buka Dapur Umum untuk Korban Banjir Cirebon

Toiskandar ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 09:00:00 WIB
Belum Dapat Bantuan, Pemdes Buka Dapur Umum untuk Korban Banjir Cirebon
Dapur umum Gasibu dibuka untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumsi korban banjir di Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon. (Foto: iNewsTv/Toiskandar)


CIREBON, iNews.id - Lantaran tak kunjung mendapat bantuan dari Pemkab Cirebon, Pemerintah Desa (Pemdes) Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berinisiatif membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga terdampak banjir. Pemdes Slangit membagikan nasi bungkus untuk warga.

Dua dapur umum Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) didirikan di Blok Desa dan Pagertoya di bantaran Sungai Winong. Warga, terutama ibu-ibu bergotong royong memasak nasi dan lauk pauknya. Sebanyak 3.000 nasi bungkus dibagikan ke rumah-rumah warga yang masih terendam banjir dengan ketinggian 40-60 sentimeter (cm).

Banjir merendam permukiman penduduk akibat air Sungai Winong meluap pascahujan deras mengguyur kawasan tersebut. Selain makanan, korban bencana banjir juga membutuhkan air bersih dan air minum.

Kepala Desa Suranenggala Kulon Kasmad mengatakan, penyaluran nasi bungkus langsung ke rumah-rumah warga dilakukan agar tidak terjadi aksi berebut konsumsi. 

"Saat ini warga membutuhkan makanan dan air minum. Sejak permukiman terendam banjir, mereka tidak bisa bekerja. Hampir seluruh blok di desa ini terendam banjir dengan ketinggian di kisaran empat puluh hingga enam puluh sentimeter," kata Kasmad.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2