Bapenda dan Polda Jabar Bahas Pengesahan STNK Tahunan Daring via Sambara

Antara ยท Kamis, 10 November 2022 - 21:20:00 WIB
Bapenda dan Polda Jabar Bahas Pengesahan STNK Tahunan Daring via Sambara
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik. (FOTO: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat (Bapenda Jabar) dan Ditlantas Polda Jabar membahas inovasi pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor tanpa harus datang ke Kantor Samsat. Wajib pajak bisa membayar pajak dan pengesahan STNK tahunan secara daring melalui Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara).

"Penguatan Sambara ini lah yang menjadi latar belakang Tim Pembina Samsat Jawa Barat, yaitu, Ditlantas Polda Jabar, kami (Bapenda Jabar) dan Jasa Raharja Cabang Jabar melaksanakan pendalaman pembelajaran ke Tim Pembina Samsat Jawa Timur di Surabaya beberapa hari lalu," kata Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik, Kamis (10/11/2022).

Dedi Taufik menyatakan, pembahasan mengenai pengesahan surat kendaraan ini dilakukan Tim Pembina Samsat Jawa Barat dengan Bapenda Jawa Timur pada pertengahan pekan lalu.

Pada intinya, pembahasan itu bertujuan untuk mencari solusi agar proses pengesahan bisa dilakukan pula secara daring atau paling tidak wajib pajak tak perlu mendatangi Samsat untuk mendapatkan dokumen pengesahan.

"Ya ini kan ikhtiar mencari solusi bagaimana layanan bisa lebih optimal. Urusan pengesahan ini memang menjadi kewenangan pihak kepolisian. Makanya, kami segera menjadwalkan untuk berdiskusi dan berkoordinasi dengan Korlantas Polri sebagai tindak lanjut pembahasan di Surabaya beberapa hari lalu" ujar Dedi Taufik.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: