Anak Aa Umbara Divonis Bebas, Hakim: Tak Terbukti Terlibat Korupsi Barang Bansos Covid

Agus Warsudi ยท Kamis, 04 November 2021 - 17:47:00 WIB
Anak Aa Umbara Divonis Bebas, Hakim: Tak Terbukti Terlibat Korupsi Barang Bansos Covid
Aa Umbara dan anaknya Andri Wibawa saat berada di Gedung KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengadaan barang bansos. (Foto: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Andri Wibawa, anak Bupati Bandung Barat non-aktif Aa Umbara divonis bebas oleh majelis hakim. Terdakwa Andri dinyatakan tak bersalah dan tidak terbukti terlibat dalam korupsi pengadaan barang bantuan sosial (bansos) Covid-19 tahun anggaran 2020.

Putusan bebas tersebut dibacakan ketua majelis hakim Surachmat dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (4/11/2021). 

Namun Andri Wibawa tak hadir di ruang sidang. Dia mengikuti persidangan secara virtual melalui video conference. 

"Mengadili, menyatakan terdakwa Andri Wibata tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana didakwakan dalam dakwaan tunggal. Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari dakwaan penuntut umum," ucap hakim saat membacakan amar putusannya. 

Majelis hakim dalam pertimbangannya menilai Andri tak memenuhi unsur yang didakwakan jaksa KPK. Berdasarkan dakwaan, Andri disebut terlibat dalam pusaran korupsi dengan dakwaan Pasal 12 huruf i UU Tipikor Jo Pasal 55 KUHPidana. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: