3 Tahun Kepemimpinan Aa Umbara-Hengki, Buruh KBB Nilai Belum Sesuai Harapan

Adi Haryanto · Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:09:00 WIB
3 Tahun Kepemimpinan Aa Umbara-Hengki, Buruh KBB Nilai Belum Sesuai Harapan
Pasangan Akur saat Pilkada 2018 silam. (Foto: Dokumentasi/ADI HARYANTO)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Masa kepemimpinan Bupati Aa Umbara dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan di Kabupaten Bandung Barat (KBB), sudah berlangsung tiga tahun pada 20 September lalu. Kalangan buruh di KBB menilai perhatian dan perlindungan kepada buruh belum sesuai harapan.

Diketahui, pasangan Aa Umbara-Hengki Kurniawan mengusung visi Bandung Barat Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius (AKUR). Namun, jalannya roda kepemimpinan pasangan yang diusung Partai NasDem, PAN, Demokrat, dan PKS ini tidak berjalan mulus.

Aa Umbara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi dana darurat bantuan Covid-19. Alhasil Aa Umbara menjadi bupati nonaktif, dan Hengki Kurniawan dinobatkan menjadi pelaksana tugas (plt) Bupati Bandung Barat di sisa masa kepemimpinan pasangan ini hingga 2023.

Sekelumit persoalan maupun keberhasilan turut mengiringi kepemimpinan pasangan Akur. Berbagai janji politik selama masa Pilkada tahun 2018 silam yang digaungkan untuk meraup suara terbanyak, masih coba untuk diwujudkan.

Salah satunya adalah janji perumahan murah bagi buruh dan akomodasi bagi karyawan yang ada di KBB dan sekretariat bagi serikat kerja. Termasuk juga minimnya perlindungan bagi buruh dan upah layak.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: