Fakta Persidangan Aa Umbara Sebut Ada Jual Beli Jabatan, Sekda KBB: Saya Tidak Tahu

Adi Haryanto ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 18:08:00 WIB
Fakta Persidangan Aa Umbara Sebut Ada Jual Beli Jabatan, Sekda KBB: Saya Tidak Tahu
Sekretaris Daerah, Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin (kiri). (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Asep Sodikin mengaku tidak tahu ada praktik jual beli jabatan yang terjadi dalam proses mutasi rotasi di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Hal itu seperti yang mengemuka dalam sidang perkara korupsi pengadaan barang Covi-19 di KBB dengan melibatkan Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna. 

"Saya tahunya dari informasi di sidang itu juga, makanya kaget kenapa bisa seperti itu. Jadi, bukan domain saya kalau sudah seperti itu," ucapnya, Jumat (8/10/2021).

Seperti diketahui pada sidang Rabu (6/10/2021) lalu, sempat mencuat ke publik terkait fakta adanya ASN yang harus membayar uang Rp10 juta untuk memuluskan mutasi jabatan kepada salah satu anak Bupati Bandung Barat nonaktif, Aa Umbara Sutisna, yang bernama Asep Lukman. 

Asep mengaku, hal itu jelas tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan. Oleh karenanya, ke depan dirinya meminta semua ASN yang ada di Pemda KBB untuk mengindari hal seperti itu. Prinsipnya soal rotasi mutasi ASN harus siap dan menerima walaupun posisinya tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

Pihaknya memastikan, terkait rotasi mutasi jabatan selama masa kepemimpinan Aa Umbara Sutisna, mekanismenya sudah sesuai dengan prosedur dan penentuan jabatannya merupakan hak prerogatif bupati. Dirinya sebagai penilai kerja melakukan secara normatif, dengan melihat pangkat, golongan, masa kerja, background dan sebagainya. 

"ASN gak perlu memberikan uang kepada siapa pun demi memuluskan rotasi mutasi demi bisa ditempatkan pada jabatan tertentu. Harus dihindari hal seperti itu dan jangan mau tergiur," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: