7 Monyet Peliharaan Pemkab Karawang Telantar dan Makan Sampah

Nilakusuma ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 14:50:00 WIB
7 Monyet Peliharaan Pemkab Karawang Telantar dan Makan Sampah
Monyet-monyet peliharaan Pemkab Karawang telantar akibat kurang perawatan. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Sebanyak tujuh ekor monyet yang dipelihara Pemkab Karawang di lapangan taman Karangpawitan 2, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, telantar dan kelaparan. Bahkan hewan peliharaan itu tampak stres dan hanya memakan makanan dari sampah yang menumpuk di sekitar kandang.

Berdasarkan penelusuran, tujuh ekor monyet mengisi enam dari 12 kandang yang tersedia. Satu ekor monyet berada dalam satu kandang dan satu kandang lagi berisi dua ekor monyet jantan dan betina. Dalama kandang tersebut terlihat tumpukan sampah yang berserakan. Terkesan sampah tersebut sengaja ditaruh di dalam kandang untuk makanan monyet. 

Salah seorang warga setempat, Agus (60), mengatakan monyet-monyet peliharaan Pemkab Karawang itu dirawat dengan baik. Alasannya, petugas yang merawat monyet itu hanya datang satu bulan sekali. 

"Saya jarang melihat petugas membersihkan dan memberi makan monyet. Datang paling satu bulan sekali untuk membersihkan kandang dan pagi,  sore di kasih makan," katanya, Jumat (8/10/2021).

Menurut Agus, pengawasan dan perawatan monyet terkesan asal-asalan. Pasalnya, pengunjung bebas membuang sampah makanan kedalam kandang monyet. Biasanya setiap akhir pekan pengunjung datang ke lapangan Karangpawitan 2. 

"Biasanya pengunjung melihat monyet dan memberi makan. Karenan tidak ada pengawasan pengunjung bebas kasih makan apa aja. Apalagi kebanyakan menggunakan sampah plastik langsung dimasukan ke kandang," ujarnya.

Akibat kurang perawatan kondisi monyet-momyet itu kini mengalami stres berat. Bahkan pernah terjadi monyet lepas dari kandang dan langsung menyerang  warga. Oleh karena itu warga meminta Pemkab Karawang segera merawat monyet-monyet. Sementara pejabat Dinas Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat (PRKP)  yang bertanggung jawab mengelola taman lapangan Karangpawitan 2 belum bisa dihubungi.   

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: