15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Bandung, Bio Farma Siap Produksi Massal 

Arif Budianto · Rabu, 13 Januari 2021 - 08:35:00 WIB
15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Bandung, Bio Farma Siap Produksi Massal 
Sebanyak 15 juta bulk vaksin Sinovac tiba di Bio Farma, Bandung, Selasa malam. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 15 juta bulk atau bahan baku vaksin Sinovac telah tiba di Bio Farma, Bandung, Selasa (12/1/2021) malam. Kedatangan vaksin ini menandakan bakal dimulainya produksi massal vaksin di dalam negeri. 

Kedatangan 15 juta bulk ini menjadi yang pertama diterima Indonesia, setelah sebelumnya menerima dalam bentuk vaksin siap digunakan. Nantinya, bulk ini akan diolah di Bio Farma, sebelum kemudian diedarkan kepada masyarakat. 

Juru Bicara Bio Farma, sekaligus Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, kedatangan vaksin Covid-19 dari Sinovac ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kedatangan sebelumnya. Di mana pada akhir Desember 2020 lalu, vaksin yang diterima yakni dalam bentuk produk jadi siap pakai dosis tunggal.

“Bentuk vaksin Covid-19 yang diterima oleh Bio Farma pada hari ini, masih dalam bentuk bulk, untuk selanjutnya akan diolah di fasilitas fill and finish milik Bio Farma untuk menjadi Finish Product kemasan multi dose 10 dosis per vial untuk penggunaan 10 penerima vaksin," ujar Bambang.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2