Rekrutmen Kepala Sekolah di Purwakarta Tuai Polemik, Beban Biaya Jadi Sorotan 

Asep Supiandi · Selasa, 12 Januari 2021 - 17:15:00 WIB
Rekrutmen Kepala Sekolah di Purwakarta Tuai Polemik, Beban Biaya Jadi Sorotan 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (Foto Diskominfo Purwakarta)

PURWAKARTA - iNews.id - Pernyataan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika soal rekrutmen kepala sekolah menuai polemik. Berbagai sorotan tajam pun bermunculan, terutama berkaitan dengan biaya yang dibebankan pada peserta atau kepala sekolah.

Pernyataan Anne yang dilansir sejumlah media online menyebutkan beban biaya kepada peserta karena adanya sedikit kesalahan penganggaran dalam proses rekrutmen kepala sekolah. 

"Tanpa disadari bupati telah mengakui adanya dugaan pungli (pungutan liar) dalam rekrutmen kepala sekolah. Harus diusut aturan testing kepsek seperti apa, yang bikin aturan siapa, yang melaksanakan siapa dan yang bertanggung jawab pada siapa ? Bupati tahu ada persoalan itu," kata anggota Komisi IV DPRD Purwakarta, Muhsin Junaedi, Selasa (12/1/2021). 

Dia menilai, pernyataan seperti itu bisa menjadi blunder bagi bupati sendiri. Apalagi disusul pernyataan bupati, nanti kalau mereka keberatan dan tidak jadi mendaftar kepala sekolah, pihaknya siap menyubsidi sesuai dengan regulasi yang ada. "Kami akan menindaklanjuti pernyataan bupati itu," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya sempat muncul keluhan dari sejumlah guru mengenai biaya rekrutmen kepala sekolah. Bahkan banyak di antara mereka yang mundur untuk mendaftar menjadi kepala sekolah. 

Editor : Asep Supiandi