Satgas Covid-19 Jabar Kampanyekan Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala 

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 12 Januari 2021 - 13:54:00 WIB
Satgas Covid-19 Jabar Kampanyekan Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala 
Foto ilustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19. (foto: istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat mengampanyekan program isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala. Selain itu, warga juga diminta ikut mengawasi aktivitas orang yang diketahui terpapar Covid-19 tapi tanpa gejala tersebut.

Kampanye dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat terkait pentingnya isolasi mandiri untuk menekan penularan Covid-19, sekaligus mengurangi tingkat keterisian rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Jabar yang rata-rata kini hampir penuh.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, sosialisasi dan edukasi terkait isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala perlu ditingkatkan.

Isolagi mandiri penting dilakukan, kata Daud, agar tempat tidur RS rujukan Covid-19 dan pusat isolasi non-RS dapat digunakan oleh pasien Covid-19 dengan gejala.

"Dasar pemikiran pembuatan pusat isolasi di daerah itu adalah karena disinyalir yang melakukan isolasi mandiri tidak disiplin. Ini wajar karena dilakukan mandiri di rumah dan tidak ada yang mengawasi, perlu sosialisasi tentang isolasi mandiri yang bisa dilakukan oleh masyarakat," kata Daud, Selasa (12/1/2021).

Editor : Agus Warsudi