Petugas UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan membersihkan jalan provinsi dari tumpahan oli yang jadi penyebab kecelakaan lalu lintas. (FOTO: YUDI SUDIRMAN)
Yudi Sudirman

KUNINGAN, iNews.id - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kuningan membersihkan tumpahan oli sepanjang 1 kilometer (km) di jalan provinsi, Kamis (15/9/2022) dini hari. Pembersihan dilakukan karena tumpahan oli menyebabkan 30 motor tergelincir di jalur yang menghubungkan Cidahu, Kabupaten Kuningan dengan Losari, Cirebon itu. 

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh Khadafi Mufti mengatakan, tumpahan oli itu berasal dari salah satu mobil dalam iring-iringan lima tronton pembawa alat berat milik PT Adec dan PT Fashion Stictch Joshua.

“Setelah dilakukan pendataan, penyebab tumpahan oli berasal dari tronton di barisan paling depan dengan nomor polisi A 9417 TX dalam iring-iringan mobil yang mengangkut alat berat,” kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Akibat tumpahan oli itu, ujar Mh Khadafi Mufti, kurang lebih 30 pengendara roda dua mengalami kecelakaan hingga terjatuh, empat mobil tergelincir, di antaranya Bus Sahabat, mobil boks, kontainer pengangkut travo, dan truk barang.

“Dua pengendara motor yakni Soni (61) mengalami luka di bagian lutut dan kaki kanan bagian bawah lecet. Kemudian Widia (19) luka di lutut bengkak, serta sobek di bagian kaki. Kedua korban dibawa ke Puskesmas Cidahu untuk mendapatkan perawatan medis. Sedang korban lain langsung melanjutkan perjalanan,” ujar Mh Khadafi Mufti.

Petugas Damkar Kuningan, tutur Mh Khadafi Mufti, mendapatkan laporan dari Ade Tian, sopir mobil boks asal Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan sekitar pukul 02.30 WIB. Atas laporan itu, langsung ke lokasi dengan menerjunkan lima anggota damkar.

Kemudian petugas membersihkan jalan dengan 7.000 liter air dicampur ditergen untuk mengurai dan mengurangi dampak tumpahan oli. Pembersihan dilakukan selama sekitar 3 jam, tepatnya dari pukul 03.00 hingga 06.00 WIB.

“Dengan dibantu tiga anggota Polsek Cidahu mengatur lalin. Dalam operasi pembersihan tumpahan oli, kami dibantu aparat Kecamatan Cidahu bersama masyarakat sekitar, sehingga sekitar pukul 06.00 WIB jalan sudah berhasil kami bersihkan,” tutur Khadafi. 


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT