Santi Setiawati, TKW asal Agrabinta, Cianjur yang dikabarkan meninggal di Abu Dhabi, UEA. (Foto: iNews/M ANDI ICHSYAN)
Mochamad Andi Ichsyan

CIANJUR, iNews.id - Santi Setiawati, seorang tenaga kerja wanita (TKW) atau pekerja migran Indonesia asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) saat sedang bekerja. Saat ini jenazah almarhumah masih di Rumah Sakit Al Ain Abud Dhabi dan belum bisa dipulangkan ke Cianjur karena identitasnya tak tercatat resmi sebagai TKW atau ilegal.

Meski begitu, keluarga berharap Kementerian Luar Negeri membantu memulangkan jenazah almarhumah Santi ke kampung halamannya di Kampung Sindang Sari, Desa Mekarsari, Kecamatan Agrabinta, Cianjur.

Keluarga sangat terpukul dengan kematian almarhumah Santi. Mereka tak menyangka ibu satu anak dan menjadi tulang punggung keluarga tersebut meninggal dunia. Padahal, pada Jumat 24 September 2021 malam, Santi sempat menelepon keluarganya dalam keadaan sehat.

Namun pada Sabtu (25/9/2021) sore, keluarga mendapat kabar mengejutkan, Santi meninggal dunia karena sakit. Namun keluarga belum mengetahui secara pasti penyebab Santi Setiawati meninggal dunia secara mendadak itu.

Menurut keluarga, almarhumah berangkat menjadi TKW di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab sejak dua tahun lalu, 2019. Santi berangkat ke Abu Dhabi dibantu tetanggannya yang mengaku sebagai agen pemberangkatan TKW.

"Tahu kabar Santi meninggal ada telepon, tau dari majikan, tau dari temannya. Dia (penelepon) nelepon lewat anak adik saya yang paling gede malem Sabtu (Jumat malam). Dia mengaku namanya Bunda, katanya adek saya Santi sakit kritis pada malem Sabtu (Jumat malam). Pas hari Sabtunya, ada telepon lagi dari Bunda lagi, pada jam tiga tigapuluh sore (15.30), katanya meninggal dunia," kata Yayan Permana, kakak korban.

Sementara itu, pelaksa tugas (plt), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertran) Cianjur Endan Hamdani mengatakan, Disnakertrans Cianjur tak memiliki catatan keberangkatan Santi Setiawati ke Abdu Dhabi. 

"Korban (diduga) berangkat melalui jalur nonprosedural yang diurus calo TKW ilegal," kata Plt Kadisnakertrans Cianjur.

Meski demikian, ujar Endan, Disnakertrans Cianjur terus berkomunikasi dengan Kemenlu dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi UEA agar jenazah Santi yang saat ini tertahan di Rumah Sakit Al Ain Abu Dhabi bisa dipulangkan ke kampung halamannya.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT