Tim SAR gabungan mengevakuasi ABG yang nekat memanjat tower SUTET. (FOTO: iNews/ASEP JUHARIYONO)
Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNews.id - Heboh, seorang anak baru gede (ABG) nekat naik tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Kampung Sudimara, Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Selasa (27/9/2022). Aksi nekat korban berhasil digagalkan setelah dievakuasi secara dramatis oleh petugas gabungan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ABG bernama Tina Aulianisa (16) itu nekat memanjat tower SUTET diduga berlatar belakang  asmara. Peristiwa itu diketahui warga setelah mendengar jeritan suara seorang perempuan dari atas tiang listrik SUTET.

Kemudian, warga beramai-ramai mendatangi lokasi. Mereka melihat seorang ABG Tina Aulinisa, warga Kampung Sudimara, Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, sedang berada di atas tiang SUTET.

Warga kemudian melaporkan kejadian itu Polsek Mangkubimi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya. Setelah menerima laporan, tak lama kemudian, petugas tiba di lokasi kejadian.

Tim search and rescue (SAR) gabungan kemudian berusaha membujuk korban Tina yang terus berteriak dari atas tiang SUTET sambil memanggil nama seseorang. Namun usaha tersebut gagal.

Petugas lalu naik ke tiang SUTET dan berhasil mengamankan korban yang terus meronta dan berteriak. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, tim SAR gabungan pun mengikat tubuh korban dengan tali. Kemudian, korban diturunkan dengan katrol.

Setelah tiba di bawah dengan selamat, warga bersorak gembira dengan bertepuk tangan. Korban disambut oleh ibunya dan seorang pemuda yang diduga pacar korban. Korban kemudian dibawa petugas ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis.

Nurhayati (45), ibu korban mengatakan, percobaan bunuh diri ini bukan yang pertama kali dilakukan anaknya, Tina Aulianisa, tetapi sudah beberapa kali. "Sudah beberapa kali mencoba bunuh diri," kata Nurhayati.

Sementara itu, Erik Yowanda, pertugas BPBD Kota Tasikmalaya mengatakan, BPBD menerima laporan dari warga terkait percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis. Saat proses evakuasi, korban sempat mengamuk namun akhirnya berhasil dievakuasi.

"Korban diduga melakukan tidakan ini karena motif asmara. Selain itu, korban terindikasi mengalami gangguan jiwa," kata Erik Yowanda.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT