World CleanUp Day Indonesia 2022, Warga Cijulang Ciamis Tabung Sampah Jadi Cuan

Acep Muslim ยท Selasa, 20 September 2022 - 09:25:00 WIB
World CleanUp Day Indonesia 2022, Warga Cijulang Ciamis Tabung Sampah Jadi Cuan
Warga Desa Cijulang memilah, memilih, dan mengumpulkan sampah rumah tangga. Setelah terkumpul, disetorkan ke bank sampah untuk mendapat penghasilan tambahan. (FOTO: iNews/ACEP MUSLIM)

CIAMIS, iNews.id - Hari Aksi Bersih-Bersih Se-Dunia atau Word Cleanup Day (WCD) Indonesia 2022 diperingati warga Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis dengan melakukan gotong royong membersihkan sampah di bantaran Sungai Cisolok, Selasa (20/9/2022). Mereka memilah sampah rumah tangga  untuk menjadi uang alias cuan. 

Kepala Desa Cijulang Endang Hidayat mengatakan, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan warga merupakan upaya pola hidup sehat dan upaya menjaga lingkungan. Selain itu, mengubah sampah menjadi bernilai ekonomi melalui bank sampah “Berseka”. 

Dampak intensitas hujan cukup tinggi, kata Kades Cijulang, memengaruhi volume air di Sungai Cisolok sehingga selalu membawa sampah dan menumpuk di sekitar jembatan. 

“Alhamdulillah warga kami kompak melakukan bersih-bersih di bantaran sungai dan di sekitar jembatan di Desa Cijulang. Terlebih memilih dan memilah sampah rumah tangga,” kata Kades Cijulang.

Bank sampah "Berseka" Desa Cijulang, ujar Endang Hidayat, bekerja sama dengan Bank Sampah tingkat kabupaten yang dikelola Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: