Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung 6 Dusun di Cihaurbeuti Ciamis

Acep Muslim ยท Senin, 12 September 2022 - 17:27:00 WIB
Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung 6 Dusun di Cihaurbeuti Ciamis
Pemkab Ciamis mengerahkan satu unit alat berat dan mobil damkar untuk membersihkan jalan dari material longsor. (FOTO: iNews/ACEP MUSLIM)

CIAMIS, iNews.id - Bencana tanah longsor menutup akses jalan penghubung enam dusun di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Tanah longsor itu terjadi setelah Ciamis diguyur hujan deras sejak sore hingga malam, Minggu (11/9/2022).

Desa Sukamaju yang berada di bawah kaki Gunung Sawal memiliki kontur tanah labil dan bertebing sehingga rawan longsor. Tingkat kerawanan semakin tinggi saat hujan hujan deras terus mengguyur kawasan tersebut.

Untuk membersihkan jalan dari material longsor di Dusun Cikujang Hilir, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Ciamis menerjunkan alat berat dan mobil damkar.

Tak hanya tanah, lumpur, dan bebatuan, sejumlah pohon besar juga turut tergerus longsoran tebing setinggi 15 meter yang menutup jalan tersebut. Petugas harus ekstra hati-hati saat membersihkan jalan karena khawatir terjadi longsor susulan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: