Kabupaten Ciamis Akan Diubah Jadi Galuh, Ini Alasan Historisnya

Tim iNews.id · Sabtu, 10 September 2022 - 10:31:00 WIB
Kabupaten Ciamis Akan Diubah Jadi Galuh, Ini Alasan Historisnya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (tengah) saat menghadiri HUT ke-13 Gong Perdamaian Dunia di Situs Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Jumat (9/9/2022). (FOTO: Tasikmalaya.iNews.id)

CIAMIS, iNews.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan, Kabupaten Ciamis akan berganti nama menjadi Galuh. Penggantian nama itu didasarkan atas sejarah Galuh merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara.

"Masyarakat Ciamis adalah pewaris Kerajaan Galuh yang harus terus memeliharanya. Sehingga, Galuh tetap berada di hati masyarakat Ciamis," kata Bupati Ciamis saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Gong Perdamaian Dunia di Situs Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Jumat (9/9/2022).

"Tahun ini kami telah melakukan pengkajian, bahwa Ciamis akan kembali ke Galuh. Mudah-mudahan tidak dengan waktu yang lama, nama Ciamis ini kembali ke nama Galuh," ujar Herdiat Sunarya dikutip dari Tasikmalaya.iNews.id, Sabtu (10/9/2022).

Pada perayaan HUT ke-13 Gong Perdamaian Dunia di Situs Karangkamulyan, Herdiat menyatakan,  Gong Perdamaian Dunia di Kabupaten Ciamis merupakan simbol persaudaraan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: