Warga Jabar Diimbau Diam di Rumah saat Libur Imlek, Ini Alasannya

Agung Bakti Sarasa · Sabtu, 06 Februari 2021 - 09:33:00 WIB
Warga Jabar Diimbau Diam di Rumah saat Libur Imlek, Ini Alasannya
Pernak-pernik Imlek 2021. (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar untuk diam di rumah saat libur panjang Tahun Baru Imlek. Imbauan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada para kepala daerah dalam rapat.

Ridwan Kamil khawatir akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 jika masyarakat bepergian atau berlibur. Mobilitas orang berpotensi menaikkan jumlah kasus sebaran Covid-19.

"Rumusnya sederhana lah, di mana ada pembukaan gerakan, kasus naik dan di mana ada pengetatan pergerakan, turun. Nah, libur panjang itu adalah pembukaan pelonggaran pergerakan, maka pasti kasus naik. Nah kami tidak mau mengulangi kasus naik karena ada pelonggaran pergerakan," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Kamis (4/2/2021).

Emil mengemukakan, telah menerima instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait libur panjang Imlek 2021. Pekan depan telah disepakati libur panjang Imlek, namun masyarakat diimbau agar berdiam diri di rumah.

"Kemarin dengan rapat Presiden sudah disepakati bahwa akan ada statemen dari pemerintah pusat bahwa Imlek itu libur tapi tidak boleh jalan-jalan, kira-kira begitu. Bahasanya macem-macem, di rumah aja dan sebagainya," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: