Warga Cipanas Cirebon Khawatir Semburan Lumpur Belerang Meluas seperti Lapindo

Toiskandar · Kamis, 03 Juni 2021 - 12:26:00 WIB
Warga Cipanas Cirebon Khawatir Semburan Lumpur Belerang Meluas seperti Lapindo
Warga Desa Cipanas, Kecamatan Dukuhpuntang khawatir semburan lumpur di dekat permukiman mereka meluas seperti Lapindo, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Semburan lumpur yang masih terjadi di Desa Cipanas, Kecamatan Dukuh Puntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (3/6/2021) pagi, masih membuat warga khawatir meluas. Mereka tak ingin permukiman mereka tenggelam seperti di Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Desa Dukung Puntang Maman Sudiman mengatakan, warga sekitar lokasi diimbau tidak mendekati karena lokasi tersebut berbahaya. Sebab, belerang dan fosfor berdampak terhadap barang-barang elektronik cepat rusak dan berkarat. "Warga khawatir semburan meluas," kata Kades Dukuhpuntang.

Mamang mengemukakan, setelah tim gabungan Dinas Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Jabar dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon mengambil sampel lumpur, air, dan batu di semburan, lokasi ditutup dengan pagar bambu agar warga tidak bisa mendekat.

"Pagar bambu dan tali ini hanya untuk sementara. Ini untuk tanda agar warga tidak mendekat ke lokasi hingga ada hasil uji laboratorium apakah berbahaya atau tidak," ujar Maman.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: