Sampel Lumpur dari Semburan di Desa Cipanas Cirebon Diteliti di Laboratorium

Toiskandar · Rabu, 02 Juni 2021 - 15:21:00 WIB
Sampel Lumpur dari Semburan di Desa Cipanas Cirebon Diteliti di Laboratorium
Tim ESDM Jabar dan DLH Cirebon mengambil sampel lumpur, air, dan batu di lokasi semburan di Desa Cipanas, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. (Foto: iNews/Toiskadar)

CIREBON, iNews.id - Tim gabungan dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Cirebon mengambil sampel lumpur, air, dan batu, yang menyembur dari lahan warga di Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (2/6/2021). Sampel lumpur itu diteliti di laboratorium untuk mengetahui kandungannya.

Selain itu, petugas juga memasang garis darurat sebagai tanda agar masyarakat tidak mendekati area semburan lumpur. "Kami mengimbau warga di sekitar lokasi semburan untuk tidak mendekat," kata pelaksana tugas (plt) Kasi Penambangan dan Air Tanah Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat.

Diberitakan sebelumnya, warga Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon dihebohkan dengan penemuan sebuah kubangan yang mengeluarkan lumpur beraroma bau belerang. Kubangan tersebut mirip kawah di gunung berapi sehingga warga berharap secepatnya ada penanganan dari pemerintah.

Semburan lumpur di Desa Cipanas berbentuk lingkaran itu berdiameter sekitar 4 meter lebih. Fenomena tersebut sudah terjadi sejak lama, namun ketika itu oleh warga sempat ditutup. Saat ini lokasinya berpindah, dulu di sekitar lokasi semburan lumpur terdapat produksi kalsit tapi kini sudah tidak ada.

Editor : Agus Warsudi