Waduh, Ridwan Kamil Sebut Stok Vaksin Dosis Kedua Kosong

Dicky Wismara · Jumat, 23 Juli 2021 - 14:42:00 WIB
Waduh, Ridwan Kamil Sebut Stok Vaksin Dosis Kedua Kosong
Pelajar SMA cantik di Kota Bandung ketakutan saat hendak disuntik vaksin. (Foto: iNews/Dicky Wismara)

BANDUNG, iNews.id -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, stok vaksin dosis kedua kosong. Untuk vaksinasi dosis kedua, Pemprov Jabar menunggu dropping dari pusat pada Agustus 2021.

Dari 9 juta vaksin jatah vaksin untuk  Jawa Barat dari pemerintah pusat, kata Ridwan Kamil, 74 persen sudah diberikan kepada masyarakat. Sedangkan 26 persen sisanya, akan digunakan untuk memperluas cakupan vaksinasi guna mengejar persentase.

"Banyak yang minta vaksin, kok stoknya kosong. Karena drop dari pusatnya memang gak ada. Baru datang nanti bulan Agustus. Sehingga, kami akan menggunakan sisa yang 26 persen dari 9 juta dosis, bukan untuk dosis kedua, tapi untuk memperluas wilayah vaksinasi," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/7/2021).

Vaksinasi, ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, antara lain digelar di sekolah-sekolah menyasar anak usia 12 hingga 17 tahun. Kemudian, vaksinasi keliling.

"Jadi kalau pakai angka juta-juta, sebenarnya Jawa Barat sudah lebih tinggi dibanding provinsi lain, seperti yang disebutkan Bali. Cuman kalau secara persentase, karena kita (Jawa Barat) 50 juta penduduk, memang perlu kerja keras. Tapi kan jatah vaksin dari pusat, kami sudah bisa menghabiskan sekian (74 persen)," ujar Kang Emil.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2