Waduh, 150 KK di Desa Sagaran Kebonpedes Sukabumi Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

Dharmawan Hadi · Selasa, 26 Juli 2022 - 17:12:00 WIB
Waduh, 150 KK di Desa Sagaran Kebonpedes Sukabumi Tinggal di Rumah Tak Layak Huni
Salah satu rumah tidak layak huni di Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id- Sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, masih tinggal di rumah yang tidak layak huni (rutilahu). Jumlah sebanyak itu berdasarkan data pemerintahan desa setempat hingga bulan Juli 2022.

Kepala Desa Sasagaran, Deni Suwandi mengatakan, 150 rutilahu ini berada di semua kedusunan yang berada di wilayah Desa Sasagaran. Dari setiap kedusunan tersebut terdapat sekitar lima ke RT-an dan semuanya ada rumah tidak layak huni

"Persoalan warga yang tinggal di rumah yang tidak layak huni itu, sudah menjadi perhatian saya sejak pertama kali menjabat sebagai Kepala Desa Sasagaran pada Mei 2022. Mayoritas mata pencaharian 150 Kepala Keluarga ini, mereka bekerja sebagai buruh tani," ujar Deni kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (26/7/2022). 

Pemerintah Desa Sasagaran, lanjut Deni, terus berupaya maksimal mengajukan permohonan kepada Pemda Kabupaten Sukabumi maupun Pemprov Jawa Barat hingga kepada pemerintah pusat agar semua rutilahu ini bisa di bantu dengan secepatnya.

"Untuk ukuran rumah tidak layak huni itu bervariatif mulai dari ukuran 3x4 meter hingga dan 3x6 meter. Kami berharap kepada pemerintah agar dapat merealisasikan program rumah tidak layak huni di desa kami dengan jumlah yang pasti," ujar Deni. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: