Puluhan Anggota HPDKI Datangi Gedung DPRD, Buntut Video Viral Perda Domba Garut?

fani ferdiansyah ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 16:55:00 WIB
Puluhan Anggota HPDKI Datangi Gedung DPRD, Buntut Video Viral Perda Domba Garut?
Puluhan anggota Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) melakukan audiensi dengan Komisi II DPRD Kabupaten Garut, terkait Perda Pelestarian Domba Garut yang sempat menjadi polemik, Selasa (26/7/2022). (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNews.id - Puluhan anggota Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) beramai-ramai mendatangi gedung DPRD Kabupaten Garut, Selasa (26/7/2022). Kedatangan para peternak ke gedung dewan itu merupakan buntut dari viralnya video Juju Hartati, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), yang mengamuk kepada Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, Senin (25/7/2022). 

Dalam video tersebut, Juju Hartati yang merupakan politisi PDI Perjuangan marah-marah karena Ketua DPRD Garut terkesan abai terhadap Peraturan Daerah Pelestarian Domba Garut. Para peternak domba pun menggelar audiensi dengan Komisi II DPRD Garut untuk mempertanyakan kelanjutan dari peraturan daerah yang merupakan aspirasi mereka. 

"Dari pertemuan ini sudah diperoleh solusi bahwa proses Perda Pelestarian Domba Garut akan tetap berjalan. Barusan unsur pimpinan DPRD Garut seperti Bu Euis dan Pak Enan sudah menyetujui termasuk semua fraksi, kalau tidak akhir bulan ini berarti di akhir tahun 2022 ini disahkan, janjinya begitu," kata Ketua DPC HPDKI Kabupaten Garut Riki Muhammad Sidik, kepada MNC Portal Indonesia. 

Menurut Riki, Perda Pelestarian Domba Garut sangat penting untuk menjaga dan melindungi keberadaan hewan yang telah menjadi ciri khas Kabupaten Garut. 

"Perda ini berfungsi agar Domba Garut tidak hilang. Karena beberapa waktu lalu sempat mau dicatut jadi Domba Priangan, kami menilai hal itu bisa saja terjadi apabila Perda Pelestarian Domba Garut tidak ada," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: