Viral Aksi Bupati Cianjur Tunjukkan Kuliner Langka, Kaum Milenial Harus Tahu

Asep Supiandi ยท Jumat, 15 Oktober 2021 - 12:23:00 WIB
Viral Aksi Bupati Cianjur Tunjukkan Kuliner Langka, Kaum Milenial Harus Tahu
Bupati Cianjur Herman Suherman saat menghampiri penjual laksa sehabis bersepeda di Cianjur. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id -  Aksi Bupati Cianjur Herman Suherman yang secara spontan menunjukkan makanan jadul viral di media sosial. Makanan khas Cianjur tersebut termasuk langka, biasanya dulu dijajakan dengan berkeliling kampung. 

Makanan ini disebut laksa, yakni sejenis soto. Bedanya kuah laksa berwarna kuning dan acapkali menggunakan ampas parutan kelapa. Bahan lain dalam semangkuk laksa, yakni oncom, ketupat, mi/bihun dan tauge. Sebagai penyegar yang menjadi khas dari makanan ini adalah daun kemangi (surawung dalam Bahasa Sunda). Rasanya jangan ditanya, sangat gurih, apalagi disantap saat sarapan atau malam hari, dijamin maknyos.

Sebelumnya, Bupati Herman tanpa sengaja menemukan seorang pedagang keliling laksa yang sedang melintas. Dia pun kemudian menghampiri dan memesan makanan jadul tersebut. 

"Tadi sehabis gowes (bersepeda) saya melihat pedagang laksa. Ini makanan favorit saya, kaum milenial harus tahu, ini sebagai makanan khas Cianjur. Ada oncom dan ini daun kemangi," ujar Herman, Jumat (15/10/2021).

"Linggih di mana (tinggal di mana), dari kapan jualan?" tanya Bupati kepada pendagang laksa.

"Di Pasir Hayam dan sudah tujuh tahun jualan," jawab pedagang laksa.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: