Kelaparan, Kawanan Monyet Ekor Panjang Turun Gunung ke Waduk Cirata Purwakarta

Didin Jalaludin ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:10:00 WIB
Kelaparan, Kawanan Monyet Ekor Panjang Turun Gunung ke Waduk Cirata Purwakarta
Monyet ekor panjang mendadak turun dari hutan Gunung Cicantayan ke sekitar Waduk Cirata Purwakarta. (Foto: iNews.id/Didin Jalaludin)

PURWAKARTA, iNews.id - Kawanan monyet ekor panjang liar dari hutan Gunung Cantayan turun ke sekitar Waduk Cirata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hewan jenis primata yang dilindungi undang-undang itu diduga kelaparan hingga harus turun gunung. 

Fenomena ini sempat menjadi pusat perhatian sejumlah pengendara yang melintas di jalan arternatif yang menghubungkan Purwakarta, Bandung Barat dan Cianjur tersebut. Kawanan monyet yang bergelantungan di pohon dan duduk di atas tebing tepat di bahu jalan itu mendapat makanan buah-buahan yang diberi warga atau pengguna jalan yang melintas. 

"Sepertinya mereka lagi cari makan. Tapi, jumlah mereka sekarang lebih sedikit. Dulu waktu saya kecil, monyet di sini banyak banget. Sekarang jumlahnya bisa dihitung jari,"kata Dede Ruhiat (35) warga Purwakarta, yang berhenti sejenak saat melintas di kawasan Waduk Cirata, Rabu (13/10/2021).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: