Upaya Kurangi Dampak Pemanasan Global, Jutaan Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Utara Subang

Agung Bakti Sarasa · Jumat, 01 Juli 2022 - 11:23:00 WIB
Upaya Kurangi Dampak Pemanasan Global, Jutaan Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Utara Subang
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri peringatan HLH Sedunia Tingkat Provinsi Jabar dengan menanam mangrove di Pantai Pondok Bali, Desa Mayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang, Kamis (30/6/2022). (FOTO: HUMAS PEMPROV JABAR)

Kang Emil mengatakan, di sekitar Pantai Pondok Bali, 192 hektare daratan kini sudah menjadi laut. Belum lagi di pesisir Bekasi, air laut kini menggenangi 400 hektare daratan akibat proyek pembangunan dan pemanasan global.

"Di sini 192 hektare lahan yang dulunya daratan sudah jadi laut. Di Kabupaten Bekasi juga 400 hektare dengan berbagai sebab, seperti proyek maupun pemanasan global," sebutnya. 

Dengan panjang pantai di Jabar yang mencapai hingga 400 kilometer, kata Kang Emil, pihaknya kini sedang memetakan pantai mana saja yang berpotensi terkikis air laut untuk segera ditanami mangrove. "Panjang pantai itu sekitar 300-400 km. Kami akan petakan mana yang urgent (penting dan mendesak) untuk ditanami mangrove secepat-cepatnya," ujar Kang Emil. 

Berbeda dengan pesisir selatan Jabar yang kontur daratannya cenderung curam, menurut Kang Emil, pesisir utara lebih rendah yang memudahkan air laut naik ke darat. Hal itu pula lah yang menjadi alasan penanaman mangrove gencar dilakukan di pesisir utara Jabar. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: