Unpad Perjuangkan Gelar Pahlawan bagi Mochtar Kusumaatmadja

Arif Budianto ยท Selasa, 14 Desember 2021 - 12:02:00 WIB
Unpad Perjuangkan Gelar Pahlawan bagi Mochtar Kusumaatmadja
Gedung Rektorat Universitas Padjajaran, Jatinangor. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id - Universitas Padjadjaran (Unpad) terus memperjuangkan gelar pahlawan nasional bagi Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja. Jasa almarhum Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja dinilai besar terhadap Indonesia terutama terkait penambahan asas kepulauan.

Untuk mendukung rencana tersebut, Fakultas Hukum Unpad bersama Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu RI menyelenggarakan Seminar Nasional “Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional”. Seminar digelar sebagai salah satu bagian dari persiapan pengajuan gelar pahlawan nasional bagi Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja.

Acara digelar secara hybrid dengan mengundang sejumlah narasumber dari berbagai bidang. Seminar Nasional diadakan sekaligus sebagai Pre-Event Mochtar Kusumaatmadja Award 2022. Salah satu pembicara, Guru Besar Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unpad Reiza D. Dienaputra mengatakan bahwa perjalanan Mochtar Kusumaatmadja sangat besar bagi negeri ini. Di antara semua kiprah Mochtar di kancah nasional dan internasional. 

Hal yang paling luar biasa adalah kiprahnya dalam memperjuangkan asas kepulauan. “Sehingga banyak yang mengatakan beliau itu mempersatukan Indonesia, wilayah daratan dan lautan dengan tanpa mengangkat senjata,’ ujar Reiza dalam siaran persnya, Selasa (14/12/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: