Tuntut Gaji dan SHT, Pensiunan PTPN Jalan Kaki Temui Presiden Jokowi di Istana Negara

Miftahudin ยท Sabtu, 05 Maret 2022 - 05:30:00 WIB
Tuntut Gaji dan SHT, Pensiunan PTPN Jalan Kaki Temui Presiden Jokowi di Istana Negara
Para pensiunan PTPN IX Jateng menggelar aksi jalan kaki dari Tegal ke Istana Negara, Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi. Mereka menuntut pembayaran gaji dan SHT. (FOTO: iNews/MIFTAHUDIN)

Menurut Ketua DPN Forum Komunikasi Purnakarya Perkebunan Nusantara, terdapat sekitar 535 pensiunan atau purnakarya di delapan pabrik gula PTPN IX Jatengyang hak-haknya belum terselesaikan. Kedelapan pabrik gula itu antara lain, PG Pangka Tegal, PG Jatibarang Brebes, PG Tasikmadu Karanganyar, PG Mojo Sragen, PG Gondang Klaten, PG Sragi pekalongan, PG Trangkil Pati, dan PG Sumber Pemalang.

"Masing-masing purnakarya harusnya menerima SHT berkisar antara Rp50 juta hingga Rp800 juta, tergantung dari pangkat dan golongan. Namun mereka sejak 2018 lalu baru menerima 30 persen saja," tuturnya.

Para purnakarya, kata Haji Serta Ginting, merasa didiskriminasi karena karyawan yang mengajukan pensiun dini secara sukarela justru telah dibayar lunas hak pensiunnya tanpa dicicil. 

"Berbagai upaya juga telah ditempuh mulai audiensi dengan Kemenaker, Kementerian BUMN, hingga rapat dengar pendapat di Komisi VI DPR RI, namun belum ada hasil," ucap Haji Serta Ginting.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: