Terkendala Biaya Rp410 Juta, Operasi Bayi Kembar Siam asal Cisarua KBB Belum Dilakukan

Adi Haryanto ยท Rabu, 09 November 2022 - 09:42:00 WIB
Terkendala Biaya Rp410 Juta, Operasi Bayi Kembar Siam asal Cisarua KBB Belum Dilakukan
Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menjenguk kembar siam Ayesha Azalea Putri Emira dan Aleeya Azalea Putri Emira. Hengki mengupayakan operasi pemisahan bisa cepat dilakukan, Selasa (8/11/2022). (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Operasi pemisahan bayi kembar siam Ayesha Azalea Putri Emira dan Aleeya Azalea Putri Emira asal Kampung Umur-umuran RT 02/04, Desa Cipada, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum dilakukan karena terkendala biaya. Pelaksanaan operasi diperkirakan menghabiskan dana Rp410 juta.

Biaya tersebut mencakup semua kebutuhan sebelum palaksanaan operasi, saat operasi, dan pemulihan pascaoperasi. Ketiadaan dana itu menjadi salah satu kendala sehingga pelaksanaan operasi pemisahan hingga kini belum dilakukan.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk operasi ini sekitar Rp410 juta, sementara yang ditanggung BPJS Kesehatan baru sekitar Rp190 juta, jadi masih kurangan sekitar Rp220 juta lagi," kata Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan saat menyempatkan waktu untuk menjenguk bayi kembar siam tersebut, Selasa (8/11/2022).

Hengki Kurniawan menyatakan, akan melakukan ikhtiar untuk mencari kekurangan biaya tersebut. Opsinya bisa dari APBD atau meminta bantuan ke Pemprov Jabar. Bagaimana pun operasi harus secepatnya dilakukan, mengingat secara fisik dan kesehatan bayi kembar Siam itu siap. 

Anak pertama pasangan Eka Lasmana (23) Mira Rahayu (24) itu, mengalami dempet pada bagian perut. Saat ini usia kembar siam 10 bulan dan secara fisik sehat sehingga dari aspek medis sudah memungkinkan dilakukan tindakan operasi. Jika ditunda-tunda kasihan, sebab kedua bayi itu tidak bisa bergerak leluasa selama belum dipisahkan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: