Tekan BOR di RS, Ridwan Kamil Sulap Hotel Asrilia Jadi Pusat Pemulihan Pasien Covid Bandung Raya

Agung Bakti Sarasa ยท Senin, 28 Juni 2021 - 14:06:00 WIB
Tekan BOR di RS, Ridwan Kamil Sulap Hotel Asrilia Jadi Pusat Pemulihan Pasien Covid Bandung Raya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung yang dijadikan tempat pemulihan pasien Covid-19. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyulap Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, menjadi pusat pemulihan pasien Covid-19 di Bandung Raya. Langkah itu dilakukan untuk menekan angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit rujukan.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, Pemda Provinsi Jabar mulai memfungsikan hotel sebagai tempat pemulihan pasien Covid-19 yang telah melewati masa kritis. Tujuannya agar angka BOR RS Covid-19 dapat ditekan. 

Alih fungsi Hotel Asrilia menjadi pusat pemulihan pasien Covid-19, kata Kang Emil, merupakan kebijakan Pemda Provinsi Jabar dalam pengendalian Covid-19 di level hilir. 

"Ini adalah pengendalian di hilir dari Covid-19 di Jabar, yaitu menyediakan ruang pemulihan Covid-19. Untuk mengurangi keterisian rumah sakit, kami memindahkan pasien yang statusnya hijau (sudah bergejala ringan setelah dirawat di rumah sakit)," kata Kang Emil di Hotel Asrilia, Senin (28/6/2021). 

"Sehingga (pasien) yang terpindahkan tempat pemulihannya, tempat tidur (RS) bisa diisi oleh pasien lain yang berstatus kuning atau merah (gejala sedang dan berat). Kebijakan ini juga akan diberlakukan di Jabar, di wilayah Bekasi, Purwakarta yang sudah melaporkan gedung pemulihan Covid-19," ujar Gubernur Jabar.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: