Target 3 Juta Batang di 2022, Mentan: Produksi Kopi Jabar Berkembang Pesat

fani ferdiansyah ยท Minggu, 28 Agustus 2022 - 17:17:00 WIB
Target 3 Juta Batang di 2022, Mentan: Produksi Kopi Jabar Berkembang Pesat
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengecek bibit kopi di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022). (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)

Andi menjelaskan perolehan devisa yang ada saat ini belum mencerminkan kontribusi nilai optimal, mengingat sebanyak 98,01 persen kopi yang diekspor masih dalam bentuk produk primer atau kopi biji, dengan kualitas ekspor didominasi 70 persen oleh mutu sedang sampai rendah grade IV hingga VI. Kendati demikan, Kementan sejak tahun 2020 mulai menggenacarkan Kegiatan BUN500, yakni penyediaan benih uggul bermutu tanaman perkebunan 500 Juta Batang. 

"Upaya tersebut di antaranya membangun Nursery BUN dan memproduksi benih kopi secara swakelo dan mendorong produsen benih mitra untuk membangun dan memproduksi benih di dalam atau sekitar Kawasan Pengembangan Kopi," ujar Andi. 

"Yang pasti saat ini jumlah produsen nurseri mitra benih kopi mencapai 47 unit yang tersebar di 14 provinsi. Pemerintah terus mengembangkan kopi nasional untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan dalam negeri," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: