Tanggul Sungai Cimanuk Ambruk, 100 Rumah Warga Indramayu Terancam Longsor

Toiskandar ยท Sabtu, 21 Agustus 2021 - 10:14:00 WIB
Tanggul Sungai Cimanuk Ambruk, 100 Rumah Warga Indramayu Terancam Longsor
Warga menunjukkan abrasi yang terjadi di tepi Sungai Cimanuk mengancam 100 rumah warga. (Foto: iNews/Toiskandar)

INDRAMAYU, iNews.id - Tanggul Sungai Cimanuk di Desa/Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Bawat, ambruk, Sabtu (21/8/2021). Akibatnya, 100 rumah warga yang tak jauh dari bantaran sungai itu terancam longsor dan kebanjiran.

Setelah tanggul penahan arus sungai sepanjang 300 meter itu ambruk, tanah pun terabrasi dan ambles sedalam 2 meter. Sementara, arus Sungai Cimanuk cukup deras. Bahkan kondisi bantaran sungai yang tanggulnya ambruk itu telah menyerupai jurang curam.

Selain longsor, di titik tanggul Sungai Cimanuk, ambles sepanjang 60 meter. Sampai saat ini, tanah di bantaran sungai ambles sedalam 2 meter mendekati permukiman warga. Jika tak segera diantisipasi, permukiman warga di dekat bantaran sungai itu akan longsor dan terseret arus Sungai Cimanuk.

Amir, warga Desa Sukagumiwang mengatakan, tanggul Sungai Cimanuk ini ambruk berawal saat Kabupaten Indramayu dilanda banjir besar pada Februari 2021 lalu. Seiring surutnya banjir, kondisi tanggul Sungai Cimanuk, kritis.

"Akibat kejadian ini, 100 rumah warga terancam longsor dan banjir. Satu rumah di antaranya bahkan hanya berjarak sekitar 1 meter lagi dari titik ambles tanah," kata Amir.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: