Sosok Jatayu Bakal Muncul dan Menyapa Masyarakat di Helaran Budaya Cianjur 2022

Agus Warsudi ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:47:00 WIB
Sosok Jatayu Bakal Muncul dan Menyapa Masyarakat di Helaran Budaya Cianjur 2022
Wina Rezky Agustina, koreografer dan penari, sedang berlatih bersama peserta lain untuk tampil di Helaran Budaya Cianjur 2022. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Helaran budaya akan kembali digelar di Kabupaten Cianjur pada Sabtu (20/8/2022). Dalam helaran budaya untuk memeriahkan HUT Kabupaten Cianjur dan HUT Kemerdekaan RI itu bakal muncul sosok Jatayu. 

Jatayu merupakan tokoh pewayangan dalam bahasa Sunda. Jatayu diidentikkan sebagai satwa langka Elang Jawa atau burung Garuda. Sosok Jatayu ditampilkan dalam helaran itu sebagai bentuk keprihatinan para seniman terhadap satwa dilindungi tersebut.

Direktur Program Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia Dika Dzikriawan mengatakan, helaran budaya ini sangat dinantikan masyarakat Cianjur. Sebab, selama dua tahun, helaran tidak digelar lantaran pandemi Covid-19.

Biasanya, helaran budaya setiap tahun selalu digelar pada Juli dan Agustus. Helaran diselenggarakan pada 12 Juli untuk memperingati hari jadi Kabupaten Cianjur. Sedangkan pada 17 Agustus adalah hari proklamasi kemerdekaan. 

"Helaran Budaya Cianjur menjadi puncak dari kedua kegiatan tersebut yang diinisiasi Pemkab Cianjur dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat," kata Direktur Program Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia, Kamis (18/8/2022).

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: