Sidang Pleidoi, Bupati KBB Nonaktif Tuding Jaksa KPK Bangun Opini Bersalah

Agung Bakti Sarasa ยท Senin, 01 November 2021 - 20:34:00 WIB
Sidang Pleidoi, Bupati KBB Nonaktif Tuding Jaksa KPK Bangun Opini Bersalah
Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna membantah melakukan tindakan pidana korupsi paket bansos Covid-19. (Foto: Dok)

Aa Umbara pun mengaku, terzalimi dengan dakwaan dan tuntutan jaksa KPK. Dia menilai tuntutan 7 tahun penjara yang disampaikan jaksa KPK sebagai bentuk ketidakadilan. Terlebih, kata Aa, dakwaan tersebut tidak dapat dibuktikan oleh jaksa KPK. 

"Oleh sebab itu, besar kiranya harapan saya bahwa hukum akan ditegakkan berdasarkan kebenaran dan keadilan," katanya.

Senada dengan Aa Umbara, kuasa hukum Aa Umbara, Rizki Dirgantara pun menilai bahwa jaksa KPK telah membangun konstruksi pemikiran bahwa Aa Umbara sebagai pencuri bantuan untuk rakyat miskin.

"Bahkan, lebih menyedihkan lagi jaksa telah menyandingkan nama terpidana Juliari Batubara dengan terdakwa guna membangun opini bahwa klien kami sama dengan Juliari Batubara yang telah menjadi terpidana korupsi bantuan sosial Covid-19," ujar Rizki.

Menurut Rizki, fakta yang sebenarnya adalah sebaliknya. Pasalnya, kliennya itu justru telah mengambil tindakan yang cepat, efektif, dan tepat sasaran demi kepentingan masyarakat Bandung Barat. 

"Terdakwa tidak mengambil keuntungan apapun bagi diri, keluarga, serta kelompok terdakwa. Sebab terdakwa bertindak dari keyakinan sepenuhnya bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: