Sidang Fatwa MUI, Vaksin Covid-19 Bio Farma IndoVac Dinyatakan Suci dan Halal 

Arif Budianto · Kamis, 06 Oktober 2022 - 11:45:00 WIB
Sidang Fatwa MUI, Vaksin Covid-19 Bio Farma IndoVac Dinyatakan Suci dan Halal 
Bio Farma IndoVac resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG,iNews.id - Vaksin Covid-19 buatan Bio Farma IndoVac resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 29 Juli 2022. Sertifikasi halal tersebut terbit setelah MUI membahas dan menetapkan fatwa tentang kehalalannya.

"Vaksin IndoVac yang didaftarkan Bio Farma, setelah dibahas dalam sidang Komisi Fatwa, telah difatwakan suci dan halal," kata Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Ni’am Sholeh dalam keterangan resmi Bio Farma. 

Menurut Kyai Niam, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) telah melakukan serangkaian audit aspek kehalalan terhadap Vaksin IndoVac sesuai dengan standar fatwa MUI.

"Di samping ditetapkan halal dan suci, Vaksin IndoVac boleh digunakan setelah adanya jaminan keamanan dari BPOM, melalui persetujuan izin penggunaan darurat atau (Emergency Use Authorization/EUA) sebagaimana disampaikan Kepala BPOM, pada akhir September lalu. Prinsipnya, di samping halal, juga harus thayyib. Jadi, sekarang selain halal, Vaksin IndoVac juga sudah boleh digunakan karena ada jaminan keamanan," ujarnya menambahkan.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: