Budidaya Naga Kuning, Pemuda asal Subang Ini Raup Cuan Puluhan Juta Rupiah

Yudy Heryawan Juanda ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 10:31:00 WIB
Budidaya Naga Kuning, Pemuda asal Subang Ini Raup Cuan Puluhan Juta Rupiah
Dedi Sumardi sedang memanen buah naga kuning hasil budidayanya di Desa Sindangsari, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang. (Foto: iNews.id/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id - Seorang pemuda di Kabupaten Subang berhasil meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah dari hasil budidaya buah naga kuning atau golden. Padahal, luas kebun yang dimiliki petani milenial di Desa Sindangsari, Kecamatan Cikaum, ini tidak begitu luas hanya 2.500 meter persegi.

Di usianya yang terbilang masih muda Dedi Sumardi (28) juga berhasil membudidayakan sendiri benih buah naga kuning dan kini sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, dia baru mampu panen buah naga sebanyak 200 kg untuk setiap dua minggu. Sementara permintaan pasar hingga 200 kg per minggunya. 

Buah naga golden ini dia jual ke supermarket di Jakarta dari Rp100.000 -120.000 per kg. Harga buah naga golden ini jauh lebih tinggi dari buah naga merah yang hanya Rp15.000 per kg dari petani.

Dedi baru dua tahun terakhir ini melakukan budidaya buah naga kuning. Sebelumnya selama empat tahun terakhir dia hanya fokus budidaya benihnya saja. Bahkan benih buah naga golden yang dia budidaya sudah tersebar ke seluruh Indonesia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: