Sidang Fatwa MUI, Vaksin Covid-19 Bio Farma IndoVac Dinyatakan Suci dan Halal 

Arif Budianto · Kamis, 06 Oktober 2022 - 11:45:00 WIB
Sidang Fatwa MUI, Vaksin Covid-19 Bio Farma IndoVac Dinyatakan Suci dan Halal 
Bio Farma IndoVac resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. (Foto: Ilustrasi)

Honesti Basyir, Direktur Utama Bio Farma, mengatakan bahwa tim riset dan pengembangan Vaksin IndoVac sejak awal telah mendesain vaksin SARS-CoV-2 ini untuk memenuhi prinsip kehalalan.

Selanjutnya, Bio Farma mendaftarkan Vaksin IndoVac yang diproduksi dengan teknologi subunit protein recombinant ini ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk melakukan serangkaian audit aspek kehalalan.

"Alhamdulillah, Vaksin IndoVac telah resmi memperoleh Fatwa dan Ketetapan Halal dari MUI yang kemudian dijadikan dasar penerbitan Sertifikat Halal oleh BPJPH. Kami memastikan seluruh proses dan rantai produksi Vaksin IndoVac, mulai bahan baku dan prosesnya sampai dengan produk jadi telah memenuhi persyaratan produk halal. IndoVac telah memenuhi kebutuhan aspek halal dan thayyib yang memperkuat jaminan kualitas dan keamanan atas vaksin ini," kata Honesti.

Selain itu, fasilitas produksi Vaksin IndoVac telah lebih dulu mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 9 April 2022.

Sementara itu, data mutu, potensi, proses produksi zat aktif, produk jadi, dan stabilitas juga telah sesuai dengan kebijakan BPOM.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: