Rizieq Shihab Divonis Denda Rp20 Juta Kasus Megamendung, Ini yang Meringankan dan Memberatkan

Dimas Choirul ยท Kamis, 27 Mei 2021 - 16:40:00 WIB
Rizieq Shihab Divonis Denda Rp20 Juta Kasus Megamendung, Ini yang Meringankan dan Memberatkan
Habib Rizieq Shihab saat sidang vonis kasus kerumunan di Megamendung Bogor di PN Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Majelis hakim menjatuhkan vonis pidana denda Rp20 juta kepada terdakwa Habib Rizieq Shihab dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung, Puncak, Kabupaten Bogor. Sejumlah hal yang meringankan dan memberatkan menjadi pertimbangan memutuskan hukuman pendakwah itu.

Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa mengatakan, faktor yang meringankan Rizieq Shihab, dia dianggap kooperatif dengan menempati janjinya untuk meminta para pendukunga tidak datang ke persidangan. Majelis hakim juga menganggapnya  sebagai tokoh agama yang dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Sementara faktor yang memberatkan, Rizieq dinilai tidak mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, majelis hakim menyatakan Rizieq Shihab secara sah telah melanggar Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Nomor 16 Tahun 2018 karena tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Muhammad Rizieq bin Sayyid Husein Shihab alias Habib Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan. Dua, menjatuhkan pidana terhadap pidana tersebut dengan pidana denda sejumlah Rp20 juta," kata Suparman Nyompa di PN Jaktim, Kamis (27/5/2021).

Bila denda tersebut tidak dibayar, maka Habib Rizieq Shihab wajib mengganti dengan pidana kurungan selama lima bulan.

Mendengar vonis tersebut, Habib Rizieq menyatakan akan pikir-pikir terlebih dahulu.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2