Ridwan Kamil Bakal Benahi Sungai Musi, Terinspirasi Konsep Kota Istanbul Turki

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 03 Juni 2021 - 22:06:00 WIB
Ridwan Kamil Bakal Benahi Sungai Musi, Terinspirasi Konsep Kota Istanbul Turki
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berbincang dengan Gubernur Sumsel Herman Deru di tepi Sungai Musi. Kang Emil menunaikan janjinya membenahi sungai yang membelah Kota Palembang itu. (Foto: Agung Bakti Sarasa)

Menurut Kang Emil, Sungai Musi merupakan kekayaan alam yang luar biasa yang dimiliki oleh Sumsel, khususnya Palembang. Karenanya, Kang Emil berharap, Sungai Musi ke depan menjadi tempat yang nyaman untuk warga dan wisatawan yang berkunjung ke Palembang. 

"Kekayaan Palembang ini kan Sungai Musi ini. Kalau tidak ada karya yang spektakuler di pinggir sungainya kan sayang karena potensinya luar biasa," kata Kang Emil, Kamis (3/6/2021). 

Meski begitu, Kang Emil mengaku, masih butuh waktu untuk mematangkan konsep pembenahan Sungai Musi. Menurutnya, survei lapangan yang dia lakukan menjadi bagian tahapan mendesain sebelum konsep tersebut benar-benar hadir. "Konsep belum lah, teori mendesain itu kan survei, melamun, nunggu ide datang," ujarnya. 

Meskipun belum mengantongi konsep, namun Kang Emil menekankan bahwa tidak banyak kota yang dilewati sungai besar dan lebar seperti Sungai Musi. Dia pun terbayang konsep arsitektur di Istanbul, kota terbesar di Turki yang menurutnya luar biasa. 

"Di Istanbul, contohnya arsitekturnya bercampur dengan sungai luar biasa. Perahu-perahunya diidesain banyak pilihan dan unik," sebutnya. 

Editor : Agus Warsudi