Rencana Relokasi Warga Cilengkong, BPBD KBB Tunggu Kajian Geologi di Lokasi Longsor

Adi Haryanto ยท Jumat, 22 April 2022 - 13:13:00 WIB
Rencana Relokasi Warga Cilengkong, BPBD KBB Tunggu Kajian Geologi di Lokasi Longsor
BPBD KBB dan tim geologi akan melakukan kajian keamanan kontur tanah di wilayah Kampung Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, yang diterjang banjir bandang dan longsor. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kajian geologi akan segera dilakukan oleh tim geologi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kajian tersebut untuk memastikan keamanan kondisi tanah di lokasi longsor di Kampung Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga.

Seperti diketahui, wilayah tersebut diterjang longsor dan banjir bandang, pada Jumat 15 April 2022 lalu. Akibat bencana itu mengakibatkan akses vital jalan desa sepanjang 5 kilometer lumpuh setelah tertimbun longsor di 10 titik. 

Selain menutup akses jalan, longsor dan banjir bandang juga menerjang 25 rumah dengan rincian 10 rusak berat dan sisinya rusak ringan. Sehingga pascakejadian itu tingkat kerawanan potensi pergerakan tanah dikhawatirkan masih akan terjadi. 

"Kajian geologi untuk memastikan keamanan kontur tanah di kawasan tersebut masih aman dihuni atau tidak. Nanti hasil rekomendasinya seperti apa, sebagai tindaklanjut ke depannya," kata Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo, Jumat (22/4/2022).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: