PSBB Berubah Jadi PPKM, Ini Penjelasan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 17:15:00 WIB
PSBB Berubah Jadi PPKM, Ini Penjelasan Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Suasana saat PSBB total di perbatasan antara Kota Bandung dan Cimahi. (Foto: Dokumentasi)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengenalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mengganti pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PPKM akan diterapkan delapan kota dan kabupaten di Jawa Barat selama 14 hari, 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021.

Delapan kota dan kabupaten di Jabar yang menggelar PPKM antara lain, Kota/Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota/Kabupaten Bekasi (Bodebek), dan Kota Bandung dan Cimahi, serta Kabupaten Bandung Barat (Bandung Raya).

Meski instruksi ini ditujukan kepada beberapa kabupaten/kota tertentu di Pulau Jawa dan Bali, namun PPKM tidak terbatas hanya untuk daerah tersebut. Apabila penanganan Covid-19 semakin buruk, PPKM dapat diterapkan sesuai kebutuhan di berbagai daerah di Jawa dan Bali. 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang juga Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar mengatakan, Pemprov Jabar mendukung penuh upaya penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah lewat PPKM, agar warga tetap produktif dan aman. 

Kabupaten Karawang, kata Ridwan Kamil, telah empat minggu berturut-turut sejak awal Desember 2020 hingga awal Januari 2021 berstatus zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19, tidak menutup kemungkinan masuk dalam kriteria daerah yang wajib memberlakukan PPKM. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: