Profil KH Ahmad Sanusi, Berjuluk Ajengan Genteng, Ulama Pembaharu dan Pahlawan asal Sukabumi

Agus Warsudi · Kamis, 03 November 2022 - 16:24:00 WIB
Profil KH Ahmad Sanusi, Berjuluk Ajengan Genteng, Ulama Pembaharu dan Pahlawan asal Sukabumi
KH Ahmad Sanusi, ulama dan pejuang kemerdekaan asal Sukabumi, Jawa Barat. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Kiai Haji (KH) Ahmad Sanusi merupakan ulama pejuang kemerdekaan asal Kabupaten Sukabumi. KH Ahmad Sanusi juga dikenal dengan sampaan Ajengan (kiai) Cantayan atau Ajengan Genteng atau Ajengan Gunungpuyuh.

Dihimpun dari berbagai sumber, tokoh besar asal Jawa Barat ini lahir pada 18 September 1889 dan wafat pada 21 Juli 1950 atau 5 tahun setelah Indonesia merdeka. KH Ahmad Sanusi merupakan tokoh Sarekat Islam dan pendiri Al-Ittahadiyatul Islamiyah (AII), sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan ekonomi.

Pada awal penjajahan Jepang, AII yang didirikan oleh KH Ahmad Sanusi dibubarkan. Namun, KH Ahmad Sanusi kemudian mendirikan Persatuan Umat Islam Indonesia (PUII) secara diam-diam.

Selain itu, KH Ahmad Sanusi juga mendirikan Pondok Pesantren Syamsul Ulum, Sukabumi. Pada 1945 menjelang kemerdekaan, KH Ahmad Sanusi pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Berdasarkan catatan sejarah, KH Ahmad Sanusi adalah putera dari Ajengan Haji Abdurrahim bin Yasin, pengasuh Pesantren Cantayan Sukabumi. Sebagai putra seorang ajengan atau kiai, KH Ahmad Sanusi telah belajar ilmu-ilmu keislaman sejak masih kanak-kanak.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: